Jumat, 29 April 2016

Tahapan Yang dikerjakan Jika Menjadi Manajer Proyek Hotel Bintang 5

Jika saya seorang manajer proyek hotel berbintang 5, berikut adalah tahapan yang akan saya kerjakan :
1.       Mengumpulkan dan mempelajari dengan sangat cermat bagaimana dan seperti apa hotel tersebut akan di buat.
2.       Menyeleksi  SDM dan penempatan SDM sesuai dengan kompetensinya. Salah dalam menempatkan SDM bisa mengakibatkan gangguan teknis dalam proyek bahkan bisa berakibat fatal
3.       Mengangkat beberapa pegawai dari masyarakat sekitar, karena secara langsung ataupun tidak langsung telah berkontribusi kepada masyarakat sekitar, terutama mengurangi jumlah pengangguran
4.       Menguatkan etos kerja para pegawai melalui bonus, insentip ataupun THR
5.       Adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja bagi pegawai, dengan cara mendaftarkan semua pegawai ke dalam asuransi
6.       Adanya pengajian atau kegiatan keagamaan rutin pada hari tertentu agar para pegawai bisa lebih memahami atau mendalami ilmu keagamaan serta mendoakan pengerjaan proyek
7.       Menerapkan kesadaran terhadap kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap pekerjaan proyek

Adapaun manajemen hotelnya sebagai berikut :
1.       Menyeleksi dengan cermat serta menempatkan SDM sesuai dengan kompetensinya
2.       Masalah marketing yang benar-benar tepat sasaran
3.       Pelayanan yang memuaskan
4.       Menciptakan brain image yang positif, hingga konsumen yang menginap benar-benar nyaman dan ingin datang menginap lagi
5.       Mengangkat tema-tema budaya local dan internasional. Contohnya dengan adnya pertunjukkan kesenian tradisi ataupun melalui seragam pakaian adat bagi pegawai yang selalu berganti tema setiap hari
6.       Adanya acara-acara budaya tentang kearifan local ataupun agama, yang berisi ajakan untuk hidup bahagia sesuai dednagn aturan norma-norma hidup dan norma-norma agama
7.       Adanya area hiburan yang edukatif bagi anak-anak agar orang tua yang membawa anak-anaknya mengina bisa bermain sambil belajar
8.       Membentuk member bagi konsumen, dan setiap konsumen yang menjadi anggota member dapat discount harga inap, bahkan bisa saja 3x menginap gratis 1x inap
9.       Memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar ataupun masyarakat yang jauh, melalui acara amal seperti sunatan missal, qurban ataupun pemberian beasiswa bagi masyarakat yang tidak mampu. Agar lebih banyak masyarakat yang mengenal hotel tersebut dengan image yang baik
10.   Pemecatan karyawan yang sudah diberi peringatan 2x kesalahan
11.   Pemberian bonus terhadap karyawan yang paling ramah sopan dan disukai pengunjung
12.        Pemberian discount menginap 50% setiap kali hotel berulang tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar