Jika saya seorang manajer proyek hotel berbintang 5, berikut adalah tahapan yang akan saya kerjakan :
1.
Mengumpulkan dan mempelajari dengan sangat
cermat bagaimana dan seperti apa hotel tersebut akan di buat.
2.
Menyeleksi SDM dan penempatan SDM sesuai dengan
kompetensinya. Salah dalam menempatkan SDM bisa mengakibatkan gangguan teknis
dalam proyek bahkan bisa berakibat fatal
3.
Mengangkat beberapa pegawai dari masyarakat
sekitar, karena secara langsung ataupun tidak langsung telah berkontribusi
kepada masyarakat sekitar, terutama mengurangi jumlah pengangguran
4.
Menguatkan etos kerja para pegawai melalui
bonus, insentip ataupun THR
5.
Adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja
bagi pegawai, dengan cara mendaftarkan semua pegawai ke dalam asuransi
6.
Adanya pengajian atau kegiatan keagamaan rutin
pada hari tertentu agar para pegawai bisa lebih memahami atau mendalami ilmu
keagamaan serta mendoakan pengerjaan proyek
7.
Menerapkan kesadaran terhadap kedisiplinan dan
tanggung jawab terhadap pekerjaan proyek
Adapaun manajemen hotelnya sebagai berikut :
1.
Menyeleksi dengan cermat serta menempatkan SDM
sesuai dengan kompetensinya
2.
Masalah marketing yang benar-benar tepat sasaran
3.
Pelayanan yang memuaskan
4.
Menciptakan brain image yang positif, hingga
konsumen yang menginap benar-benar nyaman dan ingin datang menginap lagi
5.
Mengangkat tema-tema budaya local dan
internasional. Contohnya dengan adnya pertunjukkan kesenian tradisi ataupun
melalui seragam pakaian adat bagi pegawai yang selalu berganti tema setiap hari
6.
Adanya acara-acara budaya tentang kearifan local
ataupun agama, yang berisi ajakan untuk hidup bahagia sesuai dednagn aturan
norma-norma hidup dan norma-norma agama
7.
Adanya area hiburan yang edukatif bagi anak-anak
agar orang tua yang membawa anak-anaknya mengina bisa bermain sambil belajar
8.
Membentuk member bagi konsumen, dan setiap
konsumen yang menjadi anggota member dapat discount harga inap, bahkan bisa
saja 3x menginap gratis 1x inap
9.
Memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar
ataupun masyarakat yang jauh, melalui acara amal seperti sunatan missal, qurban
ataupun pemberian beasiswa bagi masyarakat yang tidak mampu. Agar lebih banyak masyarakat
yang mengenal hotel tersebut dengan image yang baik
10.
Pemecatan karyawan yang sudah diberi peringatan
2x kesalahan
11.
Pemberian bonus terhadap karyawan yang paling
ramah sopan dan disukai pengunjung
12. Pemberian discount menginap 50% setiap kali
hotel berulang tahun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar